Friday, 21 September 2018

STANDAR PELAYANAN

PELAYANAN KEBUN WISATA DAN STUDI PERTANIAN (KWSP)

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum:

 

 

  • Peraturan Daerah Kota Probolinggo Nomor 4 Tahun 2014 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Daerah Kota Probolinggo Tahun 2012 Nomor 4);
  • Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 102 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo

2.

Persyaratan Pelayanan

  • Surat Permohonan dari Instansi, Sekolah, Umum yang ditujukan Kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo;
  • Contact Person dari pemohon.

3.

Prosedur

3.1           Penerimaan  Surat Permohonan

  1. Pemohon datang ke kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo;
  2. Pelaksana administrasi menyampaikan surat permohonan kepada Kepala Dsiperta dengan disertai oleh Sekretaris;
  3. Kepala Disperta mendisposisikan surat permohonan Kasubag Tata Usaha;
  4. kepada Kasubag TU melakukan koordinasi dengan tim KWSP untuk pelaksanaan kegiatan studi KWSP;

 

3.2         Pelaksanaan Kegiatan KWSP

  1. Tim KWSP menerima rombongan Studi;
  2. Tim memberi gambaran umum tentang KWSP kepada rombongan;
  3. Tim melakukan pendampingan ke lokasi KWSP;

 

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

  •  Waktu penyelesaian administrasi surat permohonan maksimal 30 (Tiga puluh) menit;
  • Waktu pendampingan ke lokasi KWSP maksimal 3 jam.

5.

Biaya/Tarif

Tidak dipungut biaya (gratis)

6.

Produk

Kebun Wisata dan Studi Pertanian

7.

Pengelolaan pengaduan

  1. Pengaduan dapat dilakukan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada: Kepala Disperta dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo Jl. Soekarno Hatta No.265;
  2. Pengaduan, saran dan masukan secara langsung via:

-       Telepon (0335) 433191, 421760;

-       Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

8.

Jumlah pelaksana

Maksimal 15 (lima belas) orang

 

9.

Jaminan pelayanan

  1. Setiap pemohon akan memperoleh pelayanan KWSP;
  2. Setiap pemohon akan memperoleh informasi sesuai dengan data yang akurat.

 

10.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

Kebun pertanian dan peternakan, Ruang pertemuan, AC meja, Kursi.

 

11.

Kompetensi pelaksana

  1. SDM yang mampu memberikan pengetahuan dan informasi mengenai KWSP;
  2. SDM yang memiliki keahlian dan ketrampilan dalam bidang peratnian dan peternakan.

 

12.

Pengawasan internal

  • Supervisi atasan langsung;
  • Proses maupun produk Pelayanan KWSP dipantau oleh Sekretaris;
  • Melakukan review dan monev terhadap pelayanan KWSP sehingga dapat ditingkatkan pelayanannya.

 

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

Pelayanan KWSP di Disperta dijamin kenyamanan, keamanan dan keakuratan informasi yang disampaikan oelh Tim KWSP mengenai bidang pertanian dan peternakan.

 

14.

Evaluasi kinerja pelaksana

Evaluasi penerapan standar pelayanan ini dilakukan minimal 1 kali dalam satu tahun. Selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan.