Wednesday, 15 August 2018

STANDAR PELAYANAN

ASURANSI USAHA TERNAK SAPI (AUTS)

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum:

 

 

  1. Peraturan Walikota Probolinggo No 102 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo
  2. UU No. 41 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan
  3. UU No. 19 tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani (P3)
  4. PP No. 6 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Peternak
  5. Ijin produk dari OJK No. S-578/NB.11/2013 Tanggal Februari 2013 tentang Penunjukan Konsorsium ATS  untuk memasarkan produk ATS di Indonesia
  6. Permentan RI Nomor 40/Permentan/SR.230/2015 tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian

2.

Persyaratan Pelayanan

Persyaratan Pendaftaran Peserta

·          KTP Peternak

·          Nomor Eartag dan data harga ternak

·          Surat Keterangan Kesehatan Hewan

·          Foto Ternak

Persyaratan Pengajuan Klaim

·          Dokumen Polis Asuransi

·          KTP & Formulir Klaim

·          Surat Tanda Lapor Kepolisian untuk kehilangan

·          SuratVisum dari Dokter Hewan untuk ternak mati

3.

Prosedur

Pelanggan langsung ke PIC Asuransi Usaha Ternak Sapi Potong (AUTS) di Bidang P3HP, DinasPertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo.

  1. Pelanggan mengajukan permohonan melalui petugas PIC Asuransi Usaha Ternak Sapi Potong (AUTS) di Bidang P3HP Kantor DinasPertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo ;
  2. Pelanggan melaporkan data-data status ternaknya sesuai persyaratan;
  3. Petugas memproses data yang diajukan oleh pelanggan untuk selanjutnya diajukan ke PT. JASINDO Malang selaku provider AUTS.

 

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

  • Pendaftaran peserta AUTS proses di PIC AUTS selama 1 hari, dan proses di PT. JASINDO 14-20 hari kerja
  • Pengajuan Klaim proses di PIC AUTS selama 2 hari dan proses di PT. JASINDO 21-30 hari kerja

5.

Biaya/Tarif

  • Biaya fasilitasi di PIC AUTS Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan tidak dikenakan biaya
  • Biaya premi AUTS PT. JASINDO sebesar Rp.40.000 (ternak betina) dan 2% dari harga klaim (ternak jantan)

6.

Produk

Produk pelayanan berupa polis asuransi untuk kepesertaan asuransi ternak selama 1 tahun.

 

7.

Pengelolaan pengaduan

Pengaduan dapat disampaikan melalui :

  • Kotak saran dan pengaduan  yang terdapat pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo
  • Loket pengaduan / petugas layanan di Pos Inseminasi Buatan di Wonoasih dan Kedopok
  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Radio suara kota probolinggo 

8.

Jumlah pelaksana

  • Kepala Bidang P3HP                                               : 1 Orang
  • Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ternak                                                                          : 1 Orang
  • Medik Veteriner                                                        : 3 Orang
  • Pengawas Bibit Ternak                                           : 4 Orang
  • PIC AUTS                                                                     : 1 Orang

9.

Jaminan pelayanan

Kepala Bidang P3HP menjamin bahwa layanan yang diberikan oleh petugas telah sesuai prosedur.

 

10.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

  • Timbangan Ternak                                                              : 1 unit
  • Peralatan Kesehatan Hewan                                           : 1 set
  • ATK                                                                                          : 1 set
  • Komputer                                                                              : 1 set

11.

Kompetensi pelaksana

Minimal S1 Peternakan/Kedokteran Hewan

  • Mengikuti workshop Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS)
  • Workshop Pembibitan Ternak
  • Mengetahui proses pemeriksaan kesehatan ternak
  • Memahami konsep alur AUTS

 

12.

Pengawasan internal

  • Pengawasan internal terhadap proses maupun produk AUTS dipantau oleh Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ternak secara rutin melalui pelaporan setiap penerbitan AUTS maupun klaim AUTS.
  • Melakukan survailans pada pelaksanaan pelayanan untuk memastikan seluruh proses dapat berjalan sesuai prosedur

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

Kepala Bidang P3HP menjamin keamanan dan keselamatan dari petugas pemberi layananan maupun ternak penerima layanan melalui standar operasional prosedur pelayanan yang telah ditetapkan.

14.

Evaluasi kinerja pelaksana

  • Evaluasi Kinerja Pelaksanan ditetapkan melalui target yang terukur dalam sasaran kinerja pegawai (SKP)
  • Pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan pelayanan dilakukan setiap penerbitan SKLB.
  • Kepala Bidang P3HP akan mengevaluasi kegiatan untuk menentukan tindak lanjut dan penetapan target kinerja selanjutnya.